Lookup Engine Advertising (SEM) – UKM Indonesia

Gambar diambil dari pixabay.com

Apakah sahabat wirausaha sudah lama berniat pasang iklan pada mesin pencari seperti Google? Jika jawabannya adalah ya, artinya sudah saatnya kita mengenal apa itu Lookup Engine Marketing (SEM). Berikut ulasannya.

Apa Itu Research Engine Advertising (SEM)

Look for Engine Promoting (SEM) merupakan salah satu trik iklan berbayar dengan memanfaatkan keberadaan web site. Tampilan pada mesin pencari juga terbilang cukup mencolok. Iklan akan muncul di bagian atas atau bawah halaman pencarian dalam bentuk tulisan atau show produk. Contohnya, ketika kita tengah melakukan pencarian di Google, tanpa sengaja akan melihat keberadaan adverts atau iklan. Eksistensi iklan tersebut dapat kita manfaatkan untuk menempatkan ragam jenis usaha. Setiap kali klik terjadi, pengunjung akan diarahkan menuju situs world wide web, media sosial, atau bahkan nomor telepon yang sebelumnya telah kita location.

Dengan memanfaatkan SEM, concentrate on audiens yang diinginkan seperti umur, jenis kelamin, wilayah sampai alamat domisili dapat kita atur. Tak hanya itu, durasi iklan yang kita keluarkan juga dapat dikendalikan karena iklan hanya dapat bertahan sesuai dengan jumlah biaya yang dikeluarkan. Yang tak kalah hebat, kecepatan hasil yang diberikan SEM lebih cepat jika dibandingkan dengan Research Motor Optimization (Search engine optimization).

Bagaimana Cara Beriklan Menggunakan SEM?

Sebelum memutuskan memasang iklan di Google, sebaiknya lakukan riset mengenai tujuan iklan termasuk anggaran yang kita miliki. Setelah semua itu terpenuhi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Google Adverts

2. Klik “Mulai Sekarang”

3. Pilih tujuan akhir dari iklan yang dipasang

4. Masukkan nama usaha

5. Masukkan tujuan akhir dari iklan yang dipasang (web-site)

6. Tulis seperti apa iklan yang akan ditampilkan

7. Tambahkan tema kata kunci untuk mencocokkan iklan dengan pencarian

8. Masukkan lokasi iklan yang diinginkan

9. Masukkan besaran anggaran dari mulai harian atau bulanan.

10. Pilih metode pembayaran

Jadi jangan tunggu lama lagi, sudah saatnya perkenalkan usaha kita ke seluruh penjuru dunia dengan memanfaatkan media periklanan electronic seperti Google.

Sumber foto:

https://pixabay.com/shots/digital-internet marketing-41110…

Sumber artikel:

https://redcomm.co.id/knowledges/memahami-beda-search engine optimisation-dan-sem?readmore=true

https://www.niagahoster.co.id/site/search-engine-m…

https://ads.google.com/intl/id_id/home/